Menunda Operasi Usus Buntu Bisa Berbahaya

Ususbunt - Bagi pasien penderita penyakit usus buntu kronis sangat dianjurkan oleh dokter untuk segera dilakukan operasi. Setiap Anda berkonsultasi kepada dokter yang ahli dibidangnya pasti jawaban para dokter adalah sama, Operasi!
Operasi usus buntu, usus buntu tanpa operasi, usus buntu pecah, gambar usus buntu
Operasi usus buntu
Operasi usus buntu adalah suatu  proses pengangkatan jaringan  usus buntu atau appendiks ketika terjadi peradangan. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel kami sebelumnya tentang apa itu usus buntu, usus buntu merupakan sebuah organ pencernaan kecil mirip umbai cacing yang  berukuran 5 hingga 10 cm serta terhubung dengan usus besar. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apa sebenarnya fungsi dari usus buntu ini. Meski begitu, jika telah terjadi peradangan pada usus buntu yang bisa berubah menjadi komplikasi serta resiko infeksi karena operasi tetap harus diwaspadai, jangan diremehkan.

Operasi Usus Buntu Dianjurkan oleh Dokter
Usus buntu yang fungsinya belum diketahui ini hanya akan menjadi problem kita semua apabila terjadi peradangan. Gejala usus buntu yang paling umum dirasakan adalah rasa sakit yang tajam pada perut bagian kanan. Tetapi tidak semua pasien penderita usus buntu merasakan sensasi ini, akibatnya seringkali peradangan pada usus buntu saat terdeteksi sudah mengalami komplikasi parah.

Sebelum proses operasi usus buntu dilakukan, pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada tubuh pasien, setelah itu akan dilakukan beberapa tes untuk memastikan. Tes tersebut  dimulai dari tes darah, tes urin, CT scan atau USG, dan juga pemeriksaan organ intim pada wanita yang belum menopause untuk melihat adanya penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Kenapa Operasi Usus Buntu Tidak Boleh Ditunda?
Dokter selalu menyarankan para penderita usus buntu untuk tidak menunda lebih lama lagi proses operasi usus buntu apabila rasa sakit yang Anda rasakan sudah tidak tertahankan. Usus buntu yang diangkat tidak akan menyebabkan masalah bagi kesehatan dalam jangka panjang sehingga operasi yang dilakukan tidak menimbulkan resiko serius. Meski ada kemungkinan infeksi dan pendarahan, namun operasi ini adalah salah satu pembedahan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi jadi resikonya terbilang lebih kecil. Semakin lama Anda menunda melakukan operasi maka semakin besar resiko usus buntu akan pecah.

2 Cara Operasi Pengangkatan Usus Buntu
Operasi usus buntu dilakukan dengan dua cara. Cara operasi yang pertama adalah LAPAROSKOPI yang lebih banyak dilakukan pada pasien usia lanjut. Proses operasi laparoskopi ini mengangkat usus buntu dengan cara membuat sayatan kecil pada perut sehingga prosesnya bisa lebih mudah dan pemulihannya juga lebih cepat. Laparoskopi juga dilakukan pada penderita usus buntu dengan obesitas. Kemudian cara yang kedua adalah operasi sayatan terbuka di mana dibutuhkan pembedahan yang lebih besar untuk mengangkat usus buntu dan juga membersihkan rongga usus yang sudah mengalami infeksi atau karena usus buntu yang pecah (peritonitis).

Di lain kesempatan, dokter juga tidak serta merta memaksa pasien untuk langsung operasi. Dokter juga perlu melihat kondisi fisik si pasien. Jika kondisi fisiknya lemah maka operasi akan ditunda untuk sementara. Selain kondisi fisik pasien, dokter juga akan mempertimbangkan dan mengecek adanya infeksi atau tidak pada usus. Selain itu ada beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi keputusan untuk tidak melakukan operasi usus buntu, misalnya adanya gumpalan yang menonjol dan bengkak pada usus buntu yang terdiri dari jaringan lemak. Jika ini terjadi, biasanya direkomendasikan untuk tidak dilakukan operasi terlebih dahulu dan akan diberikan antibiotik sampai infeksi jaringan lemak pada usus buntu tersebut bisa hilang.

Demikian artikel tentang operasi usus buntu, semoga semuanya diberikan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar