7 Gejala Awal Penyakit Usus Buntu yang Sering Muncul

Ususbunt - Pada artikel kali ini kita bahas tentang gejala-gejala atau ciri-ciri yang muncul saat terserang penyakit usus buntu. Apa itu usus buntu? Usus buntu bahasa medisnya adalah apendisitis. Sudah saya jelaskan pada artikel sebelum nya ternasuk makanan penyebab usus buntu ada di sana. Memang kebanyakan dari kita menganggap remeh penyakit yang satu ini. Mengapa demikian? Alasannya karena memang gejalanya dianggap seperti sakit perut biasa atau sakit maag akut. Padahal bisa jadi itu adalah gejala awal kita terserang penyakit usus buntu.

Nah, itulah bahayanya jika gejala dari usus buntu tidak ada yang tahu. Bsa saja gejala itu muncul pada keluarga tercinta kita. Baiklah mari kita ulas satu persatu apa saja gejala penyakit usus buntu yang sering diderita.

Apa Saja Gejala Awal Penyakit Usus Buntu?
Namanya peradangan pasti akan menimbulkan sensasi rasa sakit yang luar biasa.  Rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit usus buntu ini pasti  membuat para penderita memilih untuk segera melakukan jalan operasi pembedahan untuk pengangkatan usus buntu. Karena jika tidak segera ditangani, pembengkakan pada usus buntu bisa pecah. Anda pasti bisa membayangkan bagaimana rasanya? Selain itu, pecahnya usus buntu bisa menyebabkan timbulnya nanah pada organ tersebut. Bahaya kan? Maka kenalilah gejala awal dari usus buntu.

Jadi dengan mengetahui gejala awal dari penyakit usus buntu bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk pencegahan dan tindakan pengobatan yang lebih baik sebelum usus buntu tersebut meradang serta menjadi bertambah parah. Di bawah ini adalah gejala-gejala awal yang sering muncul pada orang yang terkena penyakit usus buntu.
1. Sensasi rasa sakit pada Pusar. Gejala usus buntu dapat diawali dengan gejala rasa sakit yang muncul  pada bagian bawah pusar atau perasaan kurang nyaman lainnya. Selanjutnya perasaan kurang nyaman inipun mulai berpindah pada bagian bawah perut secara perlahan-lahan.

2. Demam. Tidak hanya perasaan sensasi sakit yang dirasakan pada bagian perut tetapi juga timbul gejala lain bagi penderita penyakit usus buntu yaitu demam, jika keadaan semakin buruk gejala demam akan bertambah tinggi pula. Biasanya terjadi pada penderita penyakit usus buntu kronis.

3. Diare. Diare atau mencret menjadi salah satu gejala munculnya penyakit usus buntu, dari banyak yang mengalami usus buntu diare dan sakit perut menjadi salah satu cirinya, segera konsultasikan dan memeriksakan diri pada dokter terdekat.

4. Sensasi rasa sakit pada bagian perut. Gejala berikutnya adalah sakit di perut kanan bawah. Tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memeriksa apakah terkena sakit usus buntu atau tidak bisa dengan menekan atau memencet bagian bawah kanan perut. Apabila setelah ditekan terasa sakit pada bagian tersebut segera periksa ke klinik kesehatan terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan karena bisa saja ini merupakan tanda gejala usus buntu pecah. Kenapa demikian? Agar segera bisa dilakukan penanganan medis secara cepat.

5. Perasaan sakit yang semakin bertambah. Pada saat awal terjadi, gejala sakit yang timbul di usus buntu akan terasa biasa saja dan tidak berdampak begitu besar pada tubuh, namun dalam beberapa jam kemudian sensasi rasa sakit akan mulai bertambah dan semakin bertambah sehingga penderita akan sulit melakukan aktivitas jika berada dalam keadaan ini.

6. Mual dan Muntah-muntah. Gejala yang sepertinya ringan ini bisa saja terjadi pada penderita usus buntu, contohnya mual-mual dan muntah, namun jika mual dan muntah tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama seperti 12 jam belum berhenti juga maka sebaiknya penderita langsung dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

7. Buang gas terlalu sering dan Kembung, gejala usus buntu selanjutnya yaitu buang gas secara sering dan juga kembung. Gejala ini sepertinya nampak biasa saja namun jika disertai dengan rasa sakit pada bagian perut bagian bawah, penderita sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk dipastikan apakah terkena usus buntu atau bukan.

Itulah 7 gejala umum yang sering muncul saat penyakit usus buntu mulai menyerang. Setelah Anda mengetahui gejala-gejala awal usus buntu maka silahkan dishare ke saudara-saudara atau tetangga anda. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar