Usus buntu dan fungsinya bagi kesehatan pencernaan

Ususbunt - Apa sih usus buntu itu? Sebagian dari kita pasti sudah mendengar tentang usus buntu dalam pelajaran IPA di sekolah. Usus buntu adalah suatu bagian yang kecil dari usus, memiliki panjang cuma  5-10 cm. Berbentuk seperti umbai cacing.
Gambar usus buntu, letak usus buntu, usus buntu adalah, operasi usus buntu

Dimana letak usus buntu?
Usus buntu letaknya di dekat pertemuan antara usus halus dengan usus besar.

Fungsi usus buntu adalah:
Dalam penelitiannya, beberapa pakar ahli di Amerika Serikat menduga bahwa usus buntu mungkin merupakan habitat di mana bakteri yang baik untuk proses pencernaan dapat hidup dengan aman. 

Meskipun penelitian ini tidak berjalan dalam waktu yang lama dikarenakan peneliti tersebut kekurangan bukti langsung mengenai fungsi spesifik dari usus buntu ini, para ahli tetap berkeyakinan kuat bahwa usus buntu memang merupakan suatu tempat di mana bakteri baik usus dapat hidup dengan aman berdasarkan pada bagaimana bakteri baik turut berperan dalam menjaga kesehatan usus kita.

Walaupun para peneliti tidak dapat memberikan bukti yang kuat mengenai manfaat serta fungsi usus buntu ini, akan tetapi para peneliti telah berhasil menemukan sangat banyak bukti tidak langsung mengenai fungsi usus buntu ini, yaitu sebagai gudang pembentukan dan penyimpanan bakteri baik usus, tanpa gangguan apapun.

Para peneliti merasa kesulitan dalam menemukan apa sebenarnya fungsi dari usus buntu diakibatkan oleh sangat sedikitnya hewan yang juga memiliki usus buntu. Disisi lain, usus buntu yang terdapat pada beberapa hewan sangat berbeda dengan usus buntu yang terdapat pada manusia. Para peneliti menduga bahwa usus buntu mungkin merupakan suatu tempat yang memang dibentuk secara khusus untuk melindungi bakteri baik di dalam usus.

Bakteri baik di dalam saluran pencernaan
Bakteri baik sudah pasti sangat dibutuhkan di dalam saluran pencernaan mahluk hidup, karena dapat membantu mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam usus serta mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada saluran cerna termasuk diare. Bayangkan jika di dalam usus kita tidak ada bakteri?

Akan tetapi, pada saat sekarang ini, kebutuhan akan bakteri baik yang ada di usus telah mulai berkurang dikarenakan semakin baiknya pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan atau higienitas, yang membuat usus buntu tampak seperti organ yang tidak memiliki fungsi apapun.

Karena semakin baiknya tingkat higienitas dalam makanan yang masuk, maka jumlah bakteri jahat di dalam usus pun menjadi semakin sedikit. Nah, hal ini akhirnya membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap bakteri baik dan menyerang bakteri baik yang ada di dalam usus buntu.
Usus buntu kronis, gambar usus buntu, letak usus buntu
Apa akibatnya? Hal ini  menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu (apendisitis) yang dapat menimbulkan penyumbatan pada usus dan menyebabkan radang usus buntu akut (akut apendisitis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar